Selasa, 31 Juli 2012

Komputer - Cara Mengetahui Ada Tidaknya Keylogger

Cara mengetahui serangan keyloggerdi komputer / PC. Keylogger memang sangat berbahaya, terutama apabila sudah menginfeksi komputer yang terkoneksi ke internet dan enggak menyadarinya. Bisa-bisa semua password yang penting seperti password paypal, libertyreserve, klikbca, Facebook dicuri (Kan bisa bahaya tuh). Tetapi, sekarang ada kok cara mudah untuk tahu. Penasaran? . . .


Di artikel postingan ini yang saya ajarkan adalah bagaimana cara mudah mengetahui serangan keylogger di komputer atau PC, bukan untuk menghapus keberadaan keylogger. Untuk menghapusnya caranya lain dan enggak akan dibahas pada artikel ini.

Oke langsung aja yuk ikuti step by stepnya :

  1. Buka command prompt. Masuk ke accessories >> command prompt
  2. Ketikkan dir kemudian tekan enter (Lihat gambar 2)

    Gambar 2. Mengetikkan dir di command prompt
  3. Jika sudah sekarang ingat angka yang muncul di command prompt (Bisa tuliskan angkanya di kertas supaya enggak lupa). (Lihat gambar 3)

    Gambar 3. Angka bytes free
  4. Kemudian sekarang buka program notepad ketik sembarangan dan usahakan agak banyak, tetapi jangan disave
  5. Ulangi langkah 1 s/d 3, setelah itu lihat angka yang muncul. Apakah angkanya berubah atau enggak? Bilamana angkanya berubah berarti komputer atau PC terkena serangan keylogger.
Viola! Sekarang para blogger udah tahu apakah komputer brur kena infeksi keylogger atau enggak. Sebenarnya ini adalah cara tersimpel dan termudah untuk mengetahui keylogger di PC atau komputer. Keylogger yang aktif akan memakan memori komputer saat mengetik, walaupun hasil ketikan itu enggak disave, karena programnya tersembunyi dan langsung otomatis eksekusi begitu komputer dinyalakan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini